Swedia adalah salah satu negara yang tim sepak bolanya cukup berkualitas dan bersaing dengan negara Eropa lainnya. Apalagi untuk laga Piala Eropa yang diadakan tahun, sang pelatih yakni Jane Anderson telah memanggil sejumlah pesepak bola tangguh untuk menjadi pemain Swedia Euro 2021.

Swedia memang memiliki sejarah yang cukup bagus di dunia sepak bola. Sebagai catatan, Swedia pernah menjadi runner up dalam Piala Dunia 1958 namun akhirnya dikalahkan oleh Brazil di babak final. Selain itu, Swedia pernah menduduki peringkat ketiga dalam Piala Dunia tahun 1950 dan tahun 1994. 

Swedia juga 11 kali berpartisipasi dalam FIFA World Cup. Walaupun tim ini belum pernah meraih trofi bergengsi, namun Swedia sering memberikan kejutan di turnamen Piala Eropa dan juga Piala Dunia. Bahkan mereka dengan sukses berhasil menembus babak perempat final di Piala Dunia 2018 yang lalu.

Skuad Pemain yang Cukup Merata di Swedia

Skuad-Pemain-yang-Cukup-Merata-di-Swedia

Untuk menghadapi perhelatan akbar Euro 2021, Janne Anderson selaku pelatih tim Swedia memilih pemain dengan kombinasi pemain senior dan pemain muda yang cukup merata. Beberapa nama pemain senior yang ada di tim ini ialah Mikael Lustig, Sebastion Larsson. Andreas Granqvist dan Robin Olsen.

Sementara untuk pemain mudanya, ada nama Dejan Kulusevski dan Alexander Isak. Tetapi ada pula nama-nama lainnya seperti Emil Forsberg, Robin Quaison dan Victor Lindelof yang mulai diberi kepercayaan dan sering menjadi tumpuan bagi tim. 

Nama-nama pemain Swedia Euro 2021 di bawah asuhan Janne Anderson cukup menarik karena berasal dari tim-tim besar.  Sebut saja diantaranya Dejan Kulusevski yang berasal dari Juventus. Kemudian ada Robin Olsen dari Everton dan Victor Lindelof dari Manchester United. 

Selain itu ada juga Emil Forsberg dari RB Leipzig, Sebastian Larsson dari AIK dan Alexander Isak dari Real Sociedad. Dengan adanya nama-nama ini, Swedia bisa saja membuat lawan-lawannya kewalahan.

Daftar Nama Pemain Swedia Euro 2021

Daftar-Nama-Pemain-Swedia-Euro-2021

Selain nama-nama yang sudah disebutkan, Swedia juga masih punya nama-nama lain yang kemampuannya patut diperhitungkan. Janne Anderson sang pelatih memilih pemain Swedia Euro 2021 dengan sangat selektif.

Pada akhirnya, seleksi yang dilakukan oleh Janne melahirkan nama-nama berikut sebagai pengisi dalam daftar pemain Swedia Euro 2021.

Kiper

Di posisi kiper, ada tiga nama yang akan mengisi mistar gawang yakni Kristoffer Nordfeldt (Genclerbirligi), Karl-Johan Johansson (FC Copehnhagen) dan Robin Olsen (Everton).

Karl-Johan Johansson memang merupakan kiper yang menjadi buah bibir setelah ia menjadi pemain terbaik dalam pertandingan FC Copenhagen vs Manchester United. 

Berdasarkan informasi dari BBC Sport, jumlah penyelamatan yang dilakukan oleh Karl-Johan Johansson bahkan menjadi yang paling tinggi dalam satu laga Liga Eropa sejak tahun 2009 yang lalu. Sejak debutnya pada tahun 2012, dia sudah tampil sebanyak tujuh kali di timnas Swedia. 

Sedangkan Robin Olsen sendiri merupakan kiper bagi timnas Swedia saat berhasil menembus babak perempat final dalam laga Piala Dunia 2018 lalu. Dalam laga ini, ia bahkan berhasil mencatatkan tiga clean sheet dari empat laga. 

Bek

Sedangkan di posisi bek, sudah ada Marcus Danielson (Dalian Yifang), Pontus Jansson (Brentford), Emil Krafth (Newcastle), Filip Helander (Rangers), Ludwig Augustinsson (Werder Bremen), Martin Olsson (BK Hacken), Andread Granqvist (Helsingborgs IF), Victor Lindelof (Manchester United) dan Mikael Lustig (AIK). 

Menyorot Marcus Danielson, pemain bek satu ini berperan untuk memperkuat Dalian Yifang sejak bulan Februari tahun 2020 yang lalu. 

Gelandang

Lanjut ke posisi gelandang, sudah ada Kristoffer Olsson (Krasnodar), Mattias Svanberg (Bologna), Viktor Claesson (Krasnodar), Ken Sema (Watford), Gustav Svensson (Guangzhou City), Alexander Isak (Real Sociedad), Emil Forsberg (RB Leipzig), Marcus Berg (IFK Goteborg), Albin Ekdal (Sampdoria) dan Sebastian Larsson (AIK).

Dalam posisi gelandang ini, ada nama yang cukup asing di telinga banyak orang, yakni Gustav Svensson. Dia adalah pemain untuk Guangzhou City yang adu keterampilan di Liga Super Tiongkok. 

Pemain satu ini juga lebih sering bersama dengan tim semenjana Eropa seperti Tafriya Simferopol, Bursaspor dan IFK Gothenburg. 

Penyerang

Sementara di posisi penyerang, ada Jens Cajuste (FC Midtjylland), Jordan Larsson (Spartak Moscow), Robin Quaison (Mainz 05) dan Dejan Kulusevski (Juventus).

Robin Quaison merupakan andalan lini depan tim Mainz 05. Ia adalah pemain muda yang gaya bermainnya mirip dengan Serge Gnabry, penyerang Bayern Muenchen. Ia sering mencetak gol dari luar kotak penalti dan bahkan gol jarak jauh yang diciptakannya terpilih sebagai Goal of The Month.

Jordan Larsson adalah putra dari Henrik Larsson. Ia adalah mantan penyerang Barcelona yang terkenal dengan teknik bermain serta kecepatan yang bagus. Jordan Larsson sendiri telah berhasil mencetak sebanyak 11 gol dari 33 laga Spartak di Rusia.

Sedangkan untuk Dejan Kulusevski, dia adalah pemain Juventus yang menjadi termahal nomor dua di sepanjang sejarah sepak bola Swedia. Padahal kala dipinang oleh Juventus, usianya masih 19 tahun.

Tidak Ada Ibrahimovic dalam Timnas Swedia

Tidak-Ada-Ibrahimovic-dalam-Timnas-Swedia

Dari daftar nama di atas, rupanya nama Zlatan Ibrahimovic yang biasa dijadikan andalan Swedia tidak ada. Pasalnya, Ibrahimovic memang mengalami cedera pada beberapa waktu yang lalu sehingga tidak mungkin baginya untuk bergabung. 

Diketahui bahwa Ibrahimovic sebelumnya sempat comeback untuk timnas Swedia. Dia benar-benar berharap dapat tampil dengan baik di Euro 2020, namun sayangnya, kondisinya mengharuskannya untuk gantung sepatu sementara.

Dia harus memendam harapannya tersebut akibat cedera lutut yang diperolehnya ketika Milan berhasil menang atas Juventus. Kabarnya, Ibrahimovic memerlukan waktu hingga 6 pekan untuk pulih dan pelatih Janne Anderson memutuskan untuk mencoretnya dari Skuad. 

Namun tidak bergabungnya Ibrahimovic dalam laga kali ini tidak begitu disesalkan mengingat Swedia masih punya banyak pemain andalan. Bahkan Janne Anderson juga turut memanggil pemain yang menjalankan kompetisi di luar Eropa seperti di Liga Super China. 

Dalam liga ini, ada Gustav Svensson dari Guangzhou City dan Marcus Danielson (Dalian Yifang) yang ditarik masuk ke dalam tim. 

Pemain Andalan Swedia

Pemain-Andalan-Swedia

Dalam laga Euro 2020, Swedia berada di grup E bersama dengan Spanyol, Slovakia dan juga Polandia. Meskipun tidak ada Ibrahimovic dalam daftar, Janne Anderson pelatih Swedia memiliki banyak pemain papan atas di lini depan. 

Contohnya saja Alexander Isak yang tampil memukau bersama dengan Real Sociedad. Bahkan untuk musim ini, Alexander Isak berhasil mencetak 16 gol di La Liga. Jordan Larsson juga patut diperhitungkan. 

Pasalnya, pemain muda yang usianya masih 23 tahun tersebut berhasil mencetak 15 gol bersama dengan Spartak Moskow dalam Liga Rusia. Pastinya Euro 2020 ini akan menjadi turnamen yang besar bagi Jordan Larsson bersama timnas Swedia. 

Selain nama-nama tersebut, ada juga penyerang Dejan Kulusevski dan gelandang Emil Forsberg yang juga bisa diandalkan. Kedua pemain ini memiliki kemampuan dan telah mencetak gol. Seperti Emil Forsberg, ia telah mencetak 7 gol dalam Bundesliga bersama dengan RB Leipzig.