Bagaimana mana cara mendapatkan uang dari Youtube? Pertanyaan seperti ini sering kali muncul di benak-orang. Nah untuk menghasilkan uang dari platform ini salah satunya adalah dari iklan Adsense.

Sekarang ini sudah banyak sekali para konten kreator yang membuat channel platform ini dan memilih pekerjaannya sebagai Youtuber. Pasalnya mereka bisa melakukan apa saja. Jam waktunya bebas tidak diatur oleh perusahaan. Nah bagi kalian yang kepo dengan informasi ini silahkan simak pembahasannya sampai selesai dibawah ini.

Bagaimana Menghasilkan Uang dari YouTube?

Video yang diunggah pada platform ini tidak akan tidak dibayar. Nah supaya bisa memperoleh uang, maka harus dilakukan monetasi terlebih dahulu. Setelah akun di monetisasi, Anda akan bekerja sama dengan platform ini dan membuat videonya terdaftar ke akun Premium.

Sedangkan untuk jumlah subscriber tidak menjadi tolak ukur seberapa uang yang akan diperoleh. Engagement yang diperoleh atau kelompok yang menjadi target isi dalam konten juga menjadi faktor seberapa uang yang akan dihasilkan.

Untuk beberapa channel ada yang membangun terlebih dahulu sesuai dengan penonton yang di target dengan konten yang mereka unggah. Pastikan memahami target penonton, dan membuat video yang sesuai dengan keinginan penonton dan minat Anda sehingga dalam membuat konten menjadi lebih bersemangat.

1. Tentukan Penonton di Channel YouTube

Tentukan-Penonton-di-Channel-YouTube

Seperti yang kita tahu kalau membangun audiens akan memudahkan seseorang dalam memonetisasi konten di platform ini. Semakin spesifik target penonton semakin memudahkan channel untuk dikenal banyak orang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  • Lokasi (Negara/daerah/kota) penonton videomu.
  • Komentar dan waktu tayang (watch time).
  • Jenis kelamin, guna menyesuaikan dengan isi konten video Anda.
  • Usia target penonton Andayang terbanyak.

Dengan hal seperti itu diperhatikan, maka akan lebih memahami target video yang dibuat. Anda bisa menyesuaikan jenis konten. Bahkan memudahkan apabila suatu saat telah berhasil bekerja sama dengan pihak lain atau brand pengiklan. Kalau bisa menggunakan tool social blade kalau mau membandingkan channel Anda dengan channel milik orang yang konten temanya sama.

2. Jumlah Viewers Untuk Menghasilkan Uang?

Jumlah-Viewers-Untuk-Menghasilkan-Uang

Jumlah tayangan dalam video tidak menjadi patokan pada pendapatan iklan yang akan diperoleh. Apabila mempunyai ribuan viewers dan tidak ada yang menonton iklan atau mengklik iklan maka tidak bisa menghasilkan iklan juga.

Pasalnya Platform ini mempunyai kriteria yakni penonton harus menonton iklan secara penuh minimal 10 detik atau mengklik iklan tersebut.

3. Perhatikan Konten Agar Dapat Monetisasi

Perhatikan-Konten-Agar-Dapat-Monetisasi

Platform ini sudah mengatur soal aturan-aturan supaya sebuah konten dapat di tampilkan iklan dan wajib memenuhi syarat supaya konten dapat di tayangkan iklan. Berikut beberapa contoh konten yang tidak bisa memperoleh iklan, seperti:

  • Konten sugestif seksual. Adegan vulgar maupun humor seksual.
  • Kekeran juga masuk ke dalam kategori pertunjukan dengan cedera yang serius dan peristiwa yang ada kaitannya dengan ekstremisme kekerasan.
  • Bahasa tidak pantas seperti bahasa vulgar, kata-kata kotor dan termasuk pelecehan.
  • Promosi atau pemakai obat-obatan yang diatur atau penyalahgunaan barang tersebut.
  • Subjek serta peristiwa yang sensitif atau kontroversial. Biasanya yang ada hubungannya dengan perang, bencana alam, konflik politik dan lain sebagainya.

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari platform ini. Apa saja itu? Berikut dibawah ini merupakan pembahasan lengkapnya.

1. Iklan Adsense

Iklan-Adsense

Cara pertama yang bisa dipakai untuk menghasilkan uang dari platform ini adalah melalui iklan adsense. Bisa dikatakan ini salah satu niat dan tujuan kebanyakan orang untuk menjadi seorang youtuber.

Namun ingat harus dilakukan monetasi terlebih dahulu. Adapun syarat supaya bisa di lakukan monetisasi adalah mempunyai minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tonton dalam 1 tahun terakhir. Jika syarat tersebut sudah memenuhi, maka bisa mengaktifkan monetisasi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama masuk akun Youtube yang mau di monetasi.
  • Kemudian klik ikon untuk akun Anda di bagian sudut kanan atas.
  • Lalu klik Youtube Studio.
  • Pada menu sebelah kiri, pilih fitur Lainnya dan pilih Monetisasi.
  • Silahkan baca dan setujui persyaratan untuk menjadi program mitra Youtube.
  • Selanjutnya membuat akun Adsense baru atau kaitkan dengan apabila sudah mempunyainya. 
  • Tetapkan preferensi monetisasi Anda. Jika sudah selesai, silahkan kembali ke bagian dasbor.
  • Setelah itu klik tab Analytics di sebelah kiri. Di sana harus memilih penghasilan dari tab pada bagian atas.
  • Lalu scroll ke bawah ke bagan penghasilan perkiraan bulan untuk memperoleh gagasan mengenai penghasilan yang akan diperkirakan.

2. Menjual Produk atau Merchandise

Menjual-Produk-atau-Merchandise

Selain dari iklan adsense, untuk mendapatkan uang dari platform ini adalah dengan menjual produk atau merchandise. Bisa itu baju, jaket, tiket, buku, dan lain sebagainya.

Apabila dari awal memang berniat untuk menjual sebuah produk, silahkan membuat konten yang sesuai dengan target produk yang di jual. Contohnya, kalau mau menjual pakaian muslim, maka membuat channel dengan isi konten pengajian. Kalau peralatan make-up maka bisa membuat konten dengan tutorial make up.

Sebagai seorang Youtuber Anda mempunyai keuntungan yang mungkin belum, bahkan tidak dimiliki orang lain atau kompetitor Anda dalam menjual produk, seperti:

  • Isi video yang langsung mengarah, subscriber membeli sebuah produk yang diarahkan langsung oleh Anda.
  • Tingkat kepercayaan mereka jauh lebih besar. Apalagi telah mempunyai nama dan latar belakang atau histori yang baik sebagai seorang influencer.

3. Menjadi Penyanyi Profesional

Menjadi-Penyanyi-Profesional

Apabila memiliki bakat pada bidang tarik suara, platform ini bisa menjadi peluang yang sangat menarik. Semakin sering menunjukkan potensi Anda di platform ini maka semakin berpeluang untuk menghasilkan uang dari media lain entah itu secara offline atau online.

Dari ketenaran itu bisa diundang ke berbagai macam acara. Bahkan mempunyai tarif yang tinggi untuk sekali naik panggung. Sehingga bisa menghasilkan uang puluhan juta bahkan ratusan juta.

Contohnya Denny Caknan, Isyana Sarasvati, dan lain sebagainya yang mengawali karir penyanyi di platform ini.

4. Bekerjasama dengan Brand Sebagai Influencer

Bekerjasama-dengan-Brand-Sebagai-Influencer

Dalam hal seperti ini kalian bisa melakukan endorsement ataupun affiliate. Semakin banyak brand besar yang memakai channel Anda sebagai media iklan. Apalagi untuk sekarang para penonton lebih percaya dengan idola mereka di platform ini.

Bahkan melakukan promosi di platform ini mempunyai bayaran paling besar jika dibandingkan dengan platform lainnya. Dalam satu video, Youtuber bisa mendapatkan puluhan sampai dengan ratusan juta dari produk atau brand yang mereka promosikan.

Kunci dalam membuat video yang menjalin kerja sama dengan suatu produk atau brand adalah bersikap transparan akan hal tersebut. Jujur menilai suatu produk. Terbuka dengan para penonton dan lakukan seolah-olah kalian sedang tidak melakukan promosi.

5. Menjual Konten Kepada Media Lain

Menjual-Konten-Kepada-Media-Lain

Kalau Anda dapat membuat video yang bisa viral yang mempunyai banyak penonton. maka bisa melisensikan konten tersebut dengan imbalan uang. 

Situs berita online maupun acara berita TV biasanya akan membutuhkan video yang Anda buat viral atau trending sebagai konten di acara mereka.

Hanya saja di Indonesia ini sering terjadi dan banyak yang diabaikan. Ini karena gampang para media yang mengambil keuntungan dari video yang diambil dalam platform ini.

Bagaimana dengan ulasan mengenai cara mendapatkan atau menghasilkan uang dari Youtube? Sudah paham dengan langkah-langkahnya kan?